Tips Mencari Makanan khas Surabaya yang Tidak Menguras Isi Dompet

Makanan khas Surabaya ada bermacam-macam, dari yang murah hingga yang mahal. Untuk kamu yang seorang backpacker mungkin bisa mencoba mencari yang harganya murah tetapi enak. Untuk mencarinya tidaklah sulit, berikut beberapa tips yang dapat kamu praktekkan.

Makanan khas Surabaya
Makanan khas Surabaya

Tips Mencari Makanan Khas Surabaya yang Harganya Bersaing

Cari yang jenis kaki lima

Kamu bisa mencoba berburu kuliner kaki lima. Jangan salah, di kota Pahlawan ini banyak kuliner kaki lima yang enak-enak loh! Bahkan yang berjualan dengan menggunakan rombong juga ada. Juga perlu kamu ketahui bahwa kaki lima yang berjualan di kota Surabaya dengan kota lain itu berbeda jenis makanannya. Ada beberapa jenis makanan yang tidak dijual di kota lain. Nah apa saja nih yang dapat kamu cari di Surabaya, yang menjadi kuliner khasnya? Yuk langsung disimak!

Tahu tek

Kamu dapat menemukan banyak penjaja tahu tek kaki lima di sekitaran kota Surabaya. Memang tahu tek termasuk kuliner yang dapat menghipnotis siapapun untuk mengunjungi kemudian menyantapnya. Kuliner ini termasuk yang cukup legendaris di kota Surabaya. Tahu tek terdiri dari campuran kecambah, lontong, dan tahu, kemudian disiram memakai bumbu petis, citarasanya bintang lima loh. Apalagi jika sudah ditambah kerupuk dan taburan bawang goreng. Wah kenikmatan tahu tek akan terus membuat kamu kangen terus!

Sate klopo

Selain tahu tek, yang tidak boleh dilupakan adalah sate klopo. Makanan ini termasuk makanan khas Surabaya yang harganya murah tetapi mengenyangkan. Karena itu banyak yang suka. Dalam bahasa Indonesia, klopo artinya adalah kelapa, tetapi jangan salah kaprah. Kamu mungkin mengira ini sate yang dibuat menggunakan daging dari kelapa, ternyata bukan! Jadi sesungguhnya sate klopo ini hampir sama seperti sate pada umumnya. Dibuat menggunakan daging ayam dan daging sapi. Tetapi yang membedakan sate klopo dengan jenis sate yang biasanya yakni sebelum dilanjutkan ke proses pembakaran, sate dilumuri dulu menggunakan parutan kelapa, dengan begitu citarasa sedap dan gurih akan didapat. Dan karena menggunakan parutan kelapa, maka sate ini pun disebut dengan nama sate klopo.

Pecel Semanggi

Walaupun memang biasa terkenal pecel Madiun, tetapi ternyata Surabaya juga punya kuliner khas pecel juga, dinamakan pecel Semanggi. Kuliner ini termasuk makanan dengan harga yang murah, tetapi rasanya lezat. Bahkan makanan ini termasuk makanan yang sehat, karena menggunakan kombinasi sayuran yang menyehatkan, contohnya daun bayam, daun pepaya, daun semanggi, dan kangkung. Kalau hanya sayur saja tentu saja kurang enak, karena itu pecel semanggi juga ditambah bumbu kacang khas. Dengan begitu citarasa dari kuliner pecel semanggi ini jadi berbeda. Banyak pedagang kaki lima yang menjual pecel semanggi di sudut-sudut dari kota Surabaya.

Nasi krawu

Kuliner khas dari kota Pahlawan yang juga jangan sampai dilewatkan ketika Kamu berlibur ke sini adalah nasi krawu. Sama dengan kuliner khas lain di atas, nasi krawu juga ada yang dijual oleh pedagang kaki lima, dan pastinya harganya juga bersaing. Makanan yang satu ini kerap disajikan ketika kamu berlibur ke kota Surabaya. Di seporsi nasi krawu, kamu akan menemukan jeroan sapi, semur daging, nasi pulen, sambal terasi, plus serondeng. Makanan khas yang satu ini biasa disajikan untuk pagi hari, orang-orang banyak yang sarapan dengan nasi krawu, sebab kandungan energi dari makanan ini cukup tinggi, jadi cocok untuk makanan sebelum melakukan aktivitas di Surabaya seharian.

Baca juga: Hotel di Surabaya dengan Balkon

Kuliner di depot yang memang ramai oleh orang Surabaya bukan wisatawan

Kamu mungkin pernah mendengar tentang tourist trap bukan? Nah walaupun di Surabaya jarang yang seperti itu, tetapi tidak ada salahnya Kamu menjalankan tips ini. Carilah depot atau rumah makan yang ramai oleh orang lokal, atau orang Surabaya yang makan. Jika depotnya ramai otomatis makanan yang dijual enak dan harganya murah. Karena kalau harganya mahal pasti orang-orang Surabaya pun berpikir 2x jika mau makan di tempat tersebut. Dan berikut beberapa alternatif pilihan depot yang menjual makanan khas di Surabaya, oke langsung saja yuk!

Mie Pecun

Tempat makan yang selalu ramai oleh orang Surabaya adalah mie Pecun. Dapat dibilang bahwa mie Pecun merupakan makanan khas di kota Surabaya. Di sini Kamu bisa memesan mie dengan beragam level kepedasan berbeda. Apabila memang Kamu kurang kuat pedas maka bisa coba pesan yang medium lebih dulu, jika dirasa kurang baru naik level deh. Beberapa pilihan tingkat kepedasan di tempat makan ini antara lain paket klimax, paket galau, paket semriwing, paket culun. Masing-masing dengan level kepedasan yang berbeda. Buat kamu-kamu yang penasaran mau coba langsung saja ke Jalan Kedungsari No.135A. Harga makanan di sini cukup terjangkau, tidak perlu khawatir.

Lontong Balap Garuda

Atau biasa dikenal dengan lontong balap pak Gendut. Kuliner ini sudah dapat dipastikan menjadi ikon kuliner Surabaya, karena sudah ada semenjak lama, semenjak tahun 1956. Mungkin kamu masih belum lahir, tempat makan ini sudah ada. Karena itu pelanggan di lontong balap pak Gendut sangat ramai. Rasa lontong balap Garuda benar-benar enak, membuat kamu yang sudah mencoba pasti ingin kembali lagi. Memang kuliner ini termasuk kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba ketika berlibur ke Surabaya. Dari tahun 1956,  tempat makan ini dibuka, mulai dirintis sampai sekarang tetap berjalan, bahkan langganannya setiap waktu bertambah banyak terus. Adapun bahan-bahan yang disajikan dalam lontong balap ini antara lain lento, lontong, bumbu petis khas, dan tidak lupa tauge, benar-benar sebuah mahakarya kuliner. Apabila Kamu ingin bersantap lontong balap fenomenal ini, Kamu bisa ke Jalan Embong Malang 38, atau di Jalan Kranggan 60.

Bebek goreng Sinjay

Bebek goreng sulit ditemukan di daerah Jawa Barat, tetapi tidak di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, ada kuliner bebek yang sangat enak, yakni bebek Sinjay. Bebek goreng di tempat ini terkenal karena tidak hanya enak, tetapi dagingnya juga empuk dan gurih. Bumbunya juga menggunakan bumbu rahasia yang benar-benar menggoyang lidah. Kamu juga pasti suka dengan rasa sambalnya yang benar-benar khas. Harganya pun murah tidak menguras isi dompet Kamu. Jadi cocok untuk Kamu yang berwisata backpacker tetapi ingin makan enak. Alamat bebek goreng Sinjay di Jalan Dharmahusada 160B, cabang lainnya di Ruko Grand Ahmad Yani di Jalan Ahmad Yani, Jalan Tidar nomor 1, dan di Jalan Mayjen HR Muhammad nomor 71.

Penutup

Sekian tentang tips mencari makanan khas Surabaya, yang harganya murah, dan tidak menguras isi dompet. Kamu pun bisa makan dengan tenang, tanpa takut kehabisan uang. Semoga tips yang penulis bagikan ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Baca juga: 17 Tips Liburan Murah Dijamin Tidak Kanker