8 Museum di Bandung yang Wajib dikunjungi

Museum di Bandung – Bandung yang menjadi salah satu destinasi utama untuk berlibur. Tidak hanya diperkaya dengan street food nya yang enak dan alamnya yang sejuk, tetapi juga eduwisata yang tidak hanya dapat menambah pengetahuan tapi juga mengasikkan.

Berikut 8 Museum di Bandung yang wajib kamu kunjungi :

Museum Geologi

Museum di Bandung
sumber : google.com

Museum di Bandung ini memamerkan segala sesuatu mengenai kebumian seperti batuan, mineral, meteor serta fosil invertebrata dan vertebrata yang dikumpulkan selama adanya kerja lapangan pada zaman penjajahan Belanda.

Selain ruang pamer, museum ini juga menayangkan film dokumenter yang ditampilkan di ruang auditorium. Jangan sampai ketinggalan untuk menonton yah!

Museum Geologi didirikan pada 16 Mei 1628 museum ini mengalami renovasi dengan dana bantuan dari Japan internasional Cooperation agency (JICA). Setelah direnovasi museum ini kembali dibuka pada 2003, oleh wakil presiden Megawati Soekarno Putri.

Harga Tiket : Rp. 2000,- s/d Rp. 10.000,-

Jam Operasional : Senin – Kamis, 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-14.00 WIB, Jumat tutup

Alamat : Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Museum Sribaduga

sumber : google.com

Musim Sribaguda memamerkan Beragam koleksi umum yang mencakup sejarah lokal dan etnografi, arkeologi, koin dan seni rupa lokal khususnya wilayah Jawa Barat yang merupakan jejak-jejak peninggalan kerajaan Padjajaran yang memiliki nilai sejarah dan pendidikan yang tak ternilai harganya.

Museum Sribaduga memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi sehingga saat direkomendasikan untuk para siswa yang masih duduk di bangku sekolah untuk menambah pengetahuan. Museum yang berdiri pada 1974 mulanya bernama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat.

Harga Tiket : Rp. 2000,-  s/d Rp. 3000,-

Jam Operasional : Selasa – Jumat, 08.00-16.00 WIB, Senin tutup

Alamat : Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung

Museum Gedung Sate

sumber : google.com

Museum di bandung selanjutnya yaitu Museum Gedung Sate, terletak di bagian timur basement  bangunan pemerintah kota bandung ini, menyajikan informasi sejarah pembangunan Gedung Sate melalui Interactive Glass Display, Interactive 3d Scale Model Of Gedung Sate, Hologram, Wall Video Mapping, Augmented Reality.

Dengan begitu pengunjung yang datang dapat merasakan keterlibatannya dalam proses pengerjaan gedung sate. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati suasana Kota Bandung tempo dulu dengan fasilitas virtual reality yang keren abis!

Harga Tiket : Rp. 5000,-

Jam Operasional : Selasa – Jumat, 09.30-16.00 WIB, Senin tutup

Alamat : Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Museum Pos Indonesia

sumber : google.com

Museum Pos Indonesia dibuka pada tahun 1931 dengan nama museum pos, telegraf dan telepon (PTT) yang pada saat itu museum ini berisikan perangko yang berasal dari dalam dan manca negara.

Pada 27 september 1983, museum ini diresmikan setelah mengalami pembaharuan. Museum pos Indonesia kini memamerkan sejarah pos dan komunikasi Indonesia termasuk transportasi dan perangko.

Koleksi yang dipamerkan berasal dari masa penjajahan belanda, masa pemerintahan inggris, masa pemerinahan hindia belanda, masa penjajahan jepang dan masa kemerdekaan Indonesia.

Harga Tiket : – (gratis)

Jam Operasional : Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Alamat : Jl. Cilaki No.73, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Museum Kota Bandung

sumber : google.com

Museum yang terletak di pusat kota ini, menyajikan sejarah lahirnya Kota Bandung dan juga perkembangannya yang disampaikan melalui info grafis yang unik sehingga pengunjung yang datang tidak akan merasa bosan.

Bangunan museum juga memiliki desain yang khas dengan bangunan kolonial pada zaman penjajahan Belanda. Bagi yang hobi hunting foto, museum ini juga instagramable loh!, dengan keunikkan disetiap sudutnya.

Harga Tiket : – (gratis)

Jam Operasional : Selasa – Minggu pukul 10.00 – 17.00 WIB

Alamat : Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

sumber : google.com

Museum eduwisata Puspa IPTEK menawarkan pembelajaran sains yang dikombinasikan dengan dunia hiburan yang menarik dan menyenangkan.

Tak perlu khawatir tidak dapat mencoba demo sains yang disediakan, karena fasilitas yang disediakan sangat ramah bagi semua kalangan usia, dari anak-anak sampai dewasa.

Selain itu juga terdapat jam matahari raksasa yang mengandalkan sinar matahari sebagai pengukur waktu. Keren bukan?

Harga Tiket : Rp. 20.000,-

Jam Operasional : Jumat – Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB

Alamat : Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553

Museum Barli

sumber : google.com

Museum ini didedikasikan untuk seorang seniman asal Bandung, Barli Sasamita yang dikenal sebagai seorang illustrator, dosen, dan pelukis.

Lukisan – lukisan pak Barli memiliki berbagai aliran seperti aliran realism, impresionisme dan juga ekspresionisme. Museum ini tidak hanya memamerkan karya seni lukisan namun juga seni yang dituangkan dalam berbagai media yang unik dan menarik setiap mata yang berkunjung.

Harga Tiket : Rp. 20.000,-

Jam Operasional : Senin – Sabtu pukul 10.00 – 17.00 WIB

Alamat : Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Museum Konferensi Asia Afrika

sumber : google.com

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan museum di bandung yang menyajikan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada 18 – 24 April 1955 yang bertempat di Gedung Merdeka, Bandung.

Museum ini di bangun atas ide dari Prof. Moechtar Kusutmaatmadja yang saat itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dan atas keinginan pemimpin negara-negara di Asia dan Afrika.

Di dalam Museum Konferensi Asia Afrika terdapat diorama yang menggambarkan keadaan Indonesia pada saat diadakannya Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Bandung.

Didalamnya juga terdapat bendera-bendera negara yang terlibat dalam Konferensi Asia Afrika, serta benda-benda antik lainnya.

Harga Tiket : –

Jam Operasional : Selasa – Minggu pukul 10.00 – 16.00 WIB

Alamat : Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Itulah 8 museum di bandung yang kami ringkas mudah-mudah bisa menjadi referensi kalian saat berkunjung ke kota kembang ini.