GWK Bali, Menengok Kegagahan Sang Wisnu di Tubuh Garuda

Setelah kemunculannya yang cukup lama tanpa Wisnu diatas Garuda, akhirnya kini penampilan burung lengkap dapat dinikmati. Inilah GWK Bali yang sesungguhnya dan siap menampakan keindahannya untuk setiap pengunjung. Karena memiliki keindahan yang luar biasa, pengunjung GWK tidak pernah sepi. Namun, apakah keunikan yang dimilikki oleh tempat ini, sehingga selalu ramai didatangi pengunjung?

Kebanyakan orang, mungkin hanya mengetahui bahwa GWK Bali adalah sebuah patung. Namun ternyata, tempat ini lebih dari itu. Terdapat beberapa tempat dan keunikan yang tidak akan kamu temui di tempat lain. Tidak heran, jika akhirnya pengunjung di sini selalu bertambah setiap harinya, utamanya di saat musim high season. Lantas, berapakah harga tiket masuk ke sana? Cari tahu jawabannya dengan membaca informasinya di sini.

gwk bali
GWK Bali: Pixabay

Lokasi GWK Bali Patung Tertinggi di Dunia

GWK Bali dikenal pula dengan sebuah taman budaya, yang didalamnya terdapat banyak pertunjukan budaya. Luasnya sekitar 240 hektar, dengan berbagai bangunan menarik untuk dikunjungi. Lokasi tepat GWK adalah Jalan Uluwatu di sekitar Kuta Selatan. Jika baru tiba dari bandara, lebih tepat untuk mendatangi tempat ini. Karena hanya membutuhkan 20 menit perjalanan.

Sudah mengetahui tempatnya? Jika belum gunakan rambu-rambu lalu lintas yang tersedia di sepanjang jalan. Atau gunakan teknlogi maps untuk membantu kamu. Perjalanan yang ditempuh tidaklah terlalu jauh, asalkan tidak dalam keadaan ramai. Setelah tiba di tempat parkir, tempatkan kendaraan di tempat yang teduh. Karena perjalanan ke dalam, hanya dapat dijalankan dengan berjalan kaki.

Alamat: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364
Peta lokasi: https://g.page/gwkbali?share

Berapa Harga Tiket Masuk GWK?

Sudah memiliki rencana untuk mendatangi tempat ini? Waktunya untuk mengetahui tiket masuk tempat wisata. Tiket masuk ke GWK adalah Rp 125.000/orang. Harga ini berlaku untuk warga negara maupun wisatawan mancanegara. Untuk weekend, harga yang ditawarkan akan berubah. Dalam hal ini, tiket masuk akan bertambah Rp 10.000/orang. Harga ini belum termasuk biaya-biaya lain yang akan dikeluarkan, seperti biaya restoran dan belanja barang-barang souvenir.

Fakta Menarik tentang GWK Bali

Patung GWK dari Bali termasuk seni rupa murni. Terdapat beberapa keunikan dan kemegahan dari patung GWK. Keunikan inilah yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Berikut informasi lengkapnya,

Dibuat Selama 28 Tahun

Pembuatan GWK bukanlah pembuatan yang sembarangan. GWK dibangun selama 28 tahun, di mana mendapatkan restu pembangunan sejak zaman Soeharto. Namun akhirnya bisa diselesaikan pada setahun tahun yang lalu. Hingga kini, menjadi primadona dari dalam maupun luar negeri.

Sempat Berhenti

Mengapa pengerjaan patung ini cukup lama? Alasannya karena pembangunan sempat mengalami penghentian. Alasannya, karena adanya masalah krisis keuangan yang melanda. Awalnya diperkirakan akan selesai pada tahun 2004 namun baru terselesaikan pada tahun 2018.

Terdapat Berbagai Kesenian

Tidak hanya memiliki patung yang besar dan indah, terdapat banyak keunikan lain yang dapat kamu nikmati. Diantaranya pertunjukkan kesenian khas Bali yang akan dipertontonkan pada waktu-waktu tertentu. Jadi, saat berkunjung sesuaikan dengan waktu tayang kesenian-kesenian tersebut.

Kesalahan Pembangunan

Desain yang dibangun pada patung GWK adalah desain yang dibuat khusus. Karena seharusnya dibangun sesuai kepercayaan dari masyarakat Bali. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya pembangunan mengalami kesalahan. Di mana GWK menghadap ke Selatan yang seharunya menghadap ke Utara.

Memiliki Simbol Khusus

Saat kamu mendatangi GWK, pastinya mempertanyakan makna pembangunan patung ini. Sebenarnya GWK Bali memiliki simbol tersendiri, yaitu simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Di mana Wisnu memiliki kekuatan untuk perlindungan alam dan burung Garuda melambangkan kebebasan dan pengabdian yang ikhlas.

Fasilitas di Garuda Wisnu Kencana: GWK Bali

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk menarik pengunjung. Dan terbukti, fasilitas ini mampu mendatangkan banyak pengunjung. Inilah beberapa tempat yang dimaksud,

Lotus Pond

Tempat pertama yang cocok dijadikan tempat berfoto adalah mendatangi Lotus Pond. Lotus Pond dikelilingi oleh batu-batuan tinggi yang cocok dijadikan spot berfoto. Di sini juga kamu dapat melihat GWK secara lebih jelas. Jadi, akan sangat sayang, jika mendatangi GWK namun tidak mendatangi Lotus Pond.

Restoran Jendela Bali

Jika lapar setelah berjalan-jalan di sekitar GWK, tidak perlu khawatir. Karena di sekitar lokasi terdapat sebuah restoran. Restoran jendela Bali, inilah nama restoran yang dapat kamu kunjungi. Restoran ini memiliki banyak makanan khas Indonesia maupun makanan internasional. Pilihlah, makanan mana yang membuat rasa lapar dan penat hilang.

Boutique dan Toko Souvenir

Tempat lain yang dapat dikunjungi adalah toko souvenir dan boutique. Di sini, kamu dapat bebelanja dan menikmati pakaian-pakaian khas Bali untuk berfoto. Jangan lupa, sediakan pula dana tambahan untuk membeli oleh-oleh berupa souvenir. Tapi hati-hati, karena produk yang dijual di sini cukup mahal.

Amphitheatre

Kamu yang sudah masuk didalam GWK, dapat menikmati berbagai pentas seni. Banyak pertunjukan yang dapat ditonton di tempat ini. Diantaranya, pementasan tari Bali, ballet garuda wisnu dan pertunjunkan lainnya. Setiap pertunjukan dapat dinikmati secara gratis, tapi sesuiakan dengan jadwal pertunjukkan yang ada.

Street Theatre

Walaupun namanya adalah street theatre, pertunjukan yang ada di sini, bukanlah pertunjukan sembatangan. Di sini tersedia pertunjukan Joged Bumbung hingga parade Penari Kecak. Parade inilah yang selalu menjadi incaran banyak orang, untuk itu saat akan mendatanginya pilihlah jam berkunjung yang tepat.

Plaza Garuda Wisnu Kencana

Terdapat sebuah plaza yang ada di GWK. Plaza GWK adalah sebuah patung garuda yang cukup besar. Saat mendatangi tempat ini, kamu dapat berfoto dan menikmati keindahan patung. Waktu terbaik mendatangi tempat ini adalah di saat sunset, karena pemandangannya cukup indah dan cocok dijadikan spot berfoto.

Wisnu Plaza GWK

Selain plaza Garuda, terdapat wisnu plaza yang dapat dikunjungi. Saat mengunjunginya kamu dapat melihat patung Wisnu yang setengah selesai. Jika sesuai rencana, patung inilah yang nantinya digunakan untuk patung GWK. Tapi, akhirnya patung barulah yang dijadikan sebagai bagian utuh dari GWK Bali.

Patung GWK

Tempat terakhir yang dapat kamu kunjungi adalah patung GWK Bali. Patung yang memiliki ketinggian hingga 121 meter ini dapat didatangi dan masukki didalamya. Di dalamnya, dapat menikmati pemandangan Bali secara keseluruhan. Dalam hal ini, setiap pengunjung harus membayar Rp 200.000/orang dengan fasilitas menarik lainnya.

Setiap mendatangi tempat wisata di Bali, usahakan untuk menjaga kesopanan. Karena setiap tempat wisata di Bali, termasuk GWK Bali memiliki nilai-nilai religius tersendiri. Serta, ikuti setiap aturan yang ada, agar perjalanan lebih menyenangkan dan mengasyikan.

Baca juga: Destinasi Nusa Penida Bali, Surga Alam Tersembunyi Bali