Mengenal Rafting Bali Wisata Yang Memicu Adrenalin

Rafting Bali
Rafting Bali

Rafting Bali! kata rafting dikenal juga dengan nama arung jeram. Rafting adalah kegiatan mengarungi aliran air sungai yang deras dan menurun serta sangat menantang. Rafting masuk dalam kategori olahraga air yang telah populer sejak abad ke 19 yang dipelopori oleh John Macgregor asal Amerika Serikat. Perkembangan olahraga tersebut kini telah meluas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu tempat wisata rafting terkenal di Indonesia terletak di Bali.

Rafting Bali menjadi tempat wisata arung jeram yang menyenangkan. Kamu bisa mencoba olahraga air ini dengan keluarga, teman, saudara, atau lainnya. Kekompakan sangat penting dalam hal ini. Kerja sama dan pengertian antar tim juga menjadi faktor utama yang bisa menjamin keberhasilan dalam melewati hambatan di sungai. Nah untuk menjadikan arung jeram di Bali menyenangkan setidaknya kamu harus mengetahui lokasi yang tepat. Selain itu bagi kamu pemula juga harus mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum memulai rafting hingga manfaatnya. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Lokasi Rafting Terbaik di Bali

Rafting bali menjadi salah satu olah raga yang diminati oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor keselamatan, keamanan, pelayanan, tenaga profesional dan karakter sungai yang cocok bagi pemula. Berikut lokasi arung jeram yang aman dan baik di Bali.

Sungai Ayung

Sungai Ayung berlokasi di Desa Payangan Ubud Bali. Ubud Bali memang terkenal sebagai tempat wisata Bali yang populer dan menarik. Jika kamu memilih sungai Ayung perjalanan menuju lokasi tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali. Arung jeram dimulai dari lokasi strating point. Di sana akan ada instruktur profesional yang akan memberikan pengarahan.

Instruktur akan mengenalkan peralatan rafting yang akan digunakan. Seperti dayung, perahu karet, pelampung, helm, posisi duduk di atas perahu, hingga bagaimana cara menyelamatkan diri jika perahu terbalik. Rafting di sungai Ayung menyediakan perahu karet yang berkapasitas 4-6 orang. Tiap perahu akan didampingi oleh 1 orang instruktur. Selama 2 jam kamu akan menjelajah derasnya sungai Ayung dengan jarak tempuh kurang lebih 12 km. Selama perjalanan menyusuri sungai, kamu bisa berfoto-foto dipinggir sungai dengan latar ukiran-ukiran unik yang menjadi ciri khas rafting Ayung disepanjang dinding sungai.

Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/yLCS19yEJh8tUzi19

Sungai Telaga Waja

Rafting Bali selanjutnya ada di sungai Telaga Waja. Wisata ini ramai dikunjungi pengunjung terutama pada akhir tahun hingga tahun baru. Telaga Waja memiliki jalur sungai terpanjang di Bali yaitu sekitar 16 km. Untuk menelusuri jalur sungai ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam hingga 3 jam. Air diisni juga sangat jernih dan kamu bisa melihat pemandangan sawah dipinggir sungai saat mengarungi arus sungai yang deras. Selain pepohonan dan sawah, di sebelah utara sungai akan terlihat Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali.

Trek sungai Telaga Waja sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualangan dan tantangan. Sliding turunan sungai ini tingginya hampir 5 meter dan arusnya sangat deras. Namun kamu jangan khawatir karena keamanan peserta rafting terjamin dan selalu didampingi oleh instruktur profesional yang berpengalaman dan terpercaya. Setelah menyusuri sungai selama 3 jam, kamu akan tiba di tempat finish dan bisa meikmati makan siang di tengah sawah. Di restoran tersebut ada menu buffet yang telah disediakan.

Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/tGDviLCxmx2WiQ5p6

Sungai Melangit

Sungai Melangit berada di desa Bakas Klungkung. Rafting ini menawarkan tantangan yang menantang dan juga didukung dengan kondisi alam yang masih sangat alami. Udaranya juga masih segar, khas pedesaan yang bebas polusi. Sungai melanggit ini merupakan sungai dengan jarak tempuh paling singkat dibandingkan dengan yang lain. Panjang sungai berkisar 7,5 km dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Sebelum memulai start tentu yang sangat diutamakan adalah keselamatan. Oleh karena itu, peserta akan diarahlan oleh pelatih yang suda berpengalaman mengenai hal-hal yang wajib dikenakan saat melakukan rafting.

Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/9W3sRgdoG1qHeju79

Manfaat Rafting

Rafting merupakan olahraga air yang bisa telah populer menjadi wisata petualangan. Rafting bali menjadi wisata populer disamping menyuguhkan pengalaman dan keseruan saat mengarungi sungai, kamu juga mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Kamu bisa menyegarkan pikiran karena disuguhi oleh pemandangan alam yang asri. Menikmati rafting juga bisa menjadi wisata keluarga dengan menghabiskan waktu bersama dengan momen tertawa dan bercerita sepanjang perjalanan.

Mengarungi sungai juga membutuhkan kerjasama, komunikasi, strategi, dan kepemimpinan yang baik agar keselamatan tim terjaga. Hal tersebut juga memberi pengalaman psikologis dengan belajar kegigihan, kesabaran, dan kerjasama. Olahraga ini juga menadikan tubuh sehat dengan melatih otot tangan dan kaki agar lebih kuat.

Tips Keselamatan Ketika Rafting

Keselamatan menjadi hal yang sangat penting ketika melakukan rafting bali. Ada beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum menjelalah. Berikut beberapa tips keselamatan dalam melakukan aktivitas arung jeram.

Menggunakan perlengkapan keselamatan

Perlengkapan keselamatan adalah hal yang penting. Walau kamu telah berpengalaman dalam arung jeram dan bisa berenang dengan baik, jangan sampai lali dengan tidak menggunakan perlengkap rafting secara benar. Seperti jaket pelampung, dayun, dan helm.

Helm rafting berguna untuk melindungi mu dari benturan batu dan tebing sungai saat perahu terbalik atau ketika kamu terjatuh dari perahu. Kemudian gunakan jaket pelampung yang pas dengan tubuh kamu. Pastikan juga semua klip pada pelampung terpasang. Jika kamu tidak paham cara memakai pelampung maka mintalah instruktur memasangkannya.

Menggunakan dayung dengan benar

Sebelum memulai arung jeram instuktur akan memberi pengarahan mengenai car menggunakan dayung yang benar. Penting untuk menggunakan dayung yang benar karena dengan mengetahui cara yang benar menggunakan dayung akan meningkatkan sisi keselamatan saat rafting. Kamu harus memegang gagang dayung yang berbentuk huruf T dan tangan lainnya memegang tiang dasar gayung.

Ikuti instruksi

Instruktur berperan penting dalam hal keamanan dan keselamatan saat rafting. Untuk menjaga keselamatan juga tidak bisa dilakukan sendiri oleh instruktur, oleh karena itu kamu harus membantu dengan mengikuti instruksi demi keamaan dan keselamatan untuk mengindari risiko perahu terbalik.

Kondisi kesehatan

Apabila kamu memiliki penyakit akut, memiliki trauma dan alergi, maka harus memberihatu kondisi tersebut pada instruktur. Hal tersebut menjadi faktor penting untuk menjaga keselematan, oleh karena itu kamu harus mengetahi kondisi kesehahtan apakah memungkinkan untuk melakukan rafting atau tidak.

Kerjasama tim

Kerjasama tim menjadi hal yang menetukan keselamatan dan keamanan rafting. Bantulah rekan mu ketika terjatuh ke sungai. Usahakan selalu menjaga kerjasama tim dengan mendayung bersama-sama dan mengikuti instruksi instruktur.

Sekian paparan tentang mengenal rafting bali wisata yang memicu adrenalin. Kini kamu telah mengetahui lokasi rafting di Bali yang bisa kamu coba dengan keluarga atau sahabat. Perlu diingat, sebelum melakukan rafting, perhatikan hal-hal yang bisa membantu keselamatan mu.