Pesona Gianyar Bali Sebagai Kota Budaya

Gianyar adalah salah satu kota dari 9 kabupaten di Provinsi Bali. Kota ini terkenal sebabagi sentra budaya seni ukir di Bali dan menyimpan banyak destinasi menarik. Gianyar Bali terkenal sebagai kota budaya karena memang banyak seniman yang tinggal disana. Mulai dari pelukis, seniman tari, pemahat patung, ukiran dan lainnya. Tarian khas Bali seperti tari kecak biasa dipentaskkan di Desa Bona, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar pada tahun 1930an yang dibawakan pertama kali oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies seorang pelukis Jerman.

Kota Gianyar menjadi salah satu destinasi unggulan di Bali. Akes dan fasilitas disana telah setaraf internasional jadi memudahkan kamu ketika liburan dan mempu memberikan kenyaman bagi setiap wisatawan yang datang. Agar libuaran mu menyengkan inilah beberapa rekomendasi destinasi alam dan tempat nongkrong yang kekinian di kota Gianyar Bali. Penasaran? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Air Terjun Kanto Lampo
Gianyar Bali: Air Terjun Kanto Lampo

Daya Tarik Wisata Kota Gianyar Bali

Denpasar Bali tidak hanya terkenal dengan destinasi pantainya. Disana ada juga objek-objek wisata yang menarik salah satunya kota Gianyar. Dikenal sebagai sentra budaya, inilah objek wisata di Gianyar Bali yang sayang kamu lewatkan.

Desa Ubud

Desa Ubud adalah salah satu tempat di kota Gianyar yang memiliki daya tarik tersendiri. Jika kamu ke Ubud maka ketika memasuki area desanya akan seperti melihat miniatur pulau Bali. Disana kental akan akulturasi Bali Kuno dan seni budaya yang sempurna. Di Ubud banyak ditemukan museum, baik museum batik, museum ukir, museum lukis dan lainnya. Selain wisata budaya, di Ubud kamu juga bisa menemukan wisata alam yang mempesona yaitu di Tegalalang. Disana kamu akan disuguhkan pemandangan sawah bertingkat.

Bali Theater

Bagi kamu yang ingin menikmati pertunjukan seni Bali maka berkunjunglah ke Bali Theater. Teater Bali merupakan teater pertama yang ada di Bali, ruangan tersebut memiliki luas kurang lebih 460 m2 dan menampung 1200 orang. Seni pertunjukan ini biasanya mementaskan tentang Bali Agung-The Legends of Bali Goddess dan tari kolosal yang menampilkan lebih dari 180 penari.

Pertunjukan akan didukung oleh teater tradisional dan modern, pengaturan orkestra musik, dan kostum serta pencahayaan panggung yang cantik. Alur ini menceritakan pangeran Jaya Pangus dan perjumpaannya dengan Putri Danu. Diproduksi oleh tim kreatif Bali dan Australia. Pertunjukan digelar setiap hari pada pukul 14.30 hingga 15.30 WITA.

Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun Kanto Lampo merupakan wisata yang terbilang baru di Gianyar. Air terjun ini dapat kamu tempuh sekitar 100 m dari tangga yang akan menunju lokasi. Penduduk disana juga sangat ramah dan bisa membantu wisatawaan mengabadikan moment. Kamu juga bisa menyewa jasa mereka untuk menjadi tour guide dengan harga sekitar Rp 10.000 – Rp 50.000. Untuk menuju air terjun kamu harus turun ke air dan ada banyak batu, maka berhati-hatilah dalam melangkah. Pusat air terjun Kanto Lampo ini agak sulit dicapai maka anak-anak disarankan untuk tidak ikut menyusuri sampai ke puncak.

Bali Safari and Marine Park

Wisata alam Gianyar Bali selanjutnya ada Bali Safari & Marine Park yang dihuni oleh ratusan hewan. Lebih dari 20 spesies diseluruh dunia dan ancaman dari spesies yang hampir punah tetap terjaga disini. Wisata ini melindungi harimau sumatra, hariamu totol, harimau putih, komodo, cheetah, hingga gajah sumatra. Objek wisata ini juga menawarkan kesempatan untuk berkendara dengan hewan. Seperti hewan gajah, kamu bisa menaikinya dengan didampingi oleh pawangnya.

Pantai Lebih

Di kota Gianyar tidak hanya kaya akan wisata tropis dan budayanya, namun ada wisata pantainya juga. Objek wisata pantai yang ada di kabupaten Gianyar adalah Pantai Lebih. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah, dengan hamparan pasir hitam, suasana yang asri dan tenang lalu kamu bisa melihat pulau Nusa Lembongan membuat pantai ini menjadi favorit wisatawan. Di pinggir pantai terdapat banyak warung makan yang menawarkan olahan laut seperti sup kepala ikan, sate ikan laut, pepes ikan, bakso ikan, udang, dan lainnya.

Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali
Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali

Tempat Nongkrong Kekinian di Kota Gianyar

Bagi anak muda gaul biasaya mencari tempat nongkong dengan teman yang nyaman, asik, instagramable, dan tentu menunya terjangkau. Gianyar Bali menawarkan tempat nongkrong yang asik dengan harga anak muda. Inilah rekomendasi tempat nongkrong yang bisa kamu kunjungi.

Seniman Coffee Studio

Bagi kamu pecinta kopi maka tidak ada salahnya berkunjung kemari. Tempat ini berada di Ubud, buka pada jam 08.00-22.00 sangat cocok bagi anak muda karena harganya terjangkau. Kamu bisa menemukan berbagai jenis kopi mulai harga Rp 30.000 – Rp 80.000. Desain interior coffee shop ini bernuansa klasik dan unik. Ada dua area untuk pelanggan, yaitu indoor dan outdoor. Pengunjung juga bisa menikmati wifi gratis dengan koneksi bagus. Kamu juga bisa memanfaatkan hal ini dengan membawa laptop untuk menyelesaikan tugas sekolah, kuliah, atau kantor mu.

Pomegranate Cafe Ubud

Keunikan dari cafe ini adalah kamu bisa memandang sawah 360 derajat dan cocok untuk melihat matahari terbenam. Desain interior cafe ini juga sangat unik, atap cafe terbuat dadi tenda berwarna putih. Sangat cocok bagi anak muda yang suka mengupload foto ke media sosial. Sambil menikmati minuman dan makanan ringan kamu bisa bersantai mengobrol dengan teman dan bisa menikmati pemandangan yang indah. Pomegranate Cafe Ubud ini buka pada pukul 10.00-21.00 dan berlokasi di jalan subak sok wayah ubud. Harga menu disini juga terjangkau, mulai Rp 40.000 hingga Rp 80.000.

Taman Kota Ciung Wanara Gianyar Bali

Taman Kota Ciung Wanara ini tertelak di pusat kota Gianyar dekat kantor Bupati Gianyar. Taman ini memang tidak terlalu luas namun selalu ramai setiap malamya karena ada air mancur yang dihiasi lampu warna warni. Pemandangan tersebut membuat malam hari semakin cantik dan menarik, sehingga banyak masyarakat dewasa, anak muda, keluarga, anak-anak menghabiskan malam harinya untuk berkumpul di sini.

Pasar Senggol Gianyar

Pasar Senggol menjadi tempat yang digemari oleh masyarakat. Menyediakan berbagai kuliner tradisional khas Bali, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kini kondisi pasar senggol lebih rapi dan bersih. Sebelumnya tempat ini agak semrawut karena banyak pedang yang membawa gerobak dengan memakai atap dari terpal. Kini suasana pasar berbeda. Penataan pasar dikembangan untuk memperluas wisata kuliner khas Bali serta menambahkan fasilitas sarana yang mendukung pengembangan pariwisata kabupaten Gianyar. Disana juga tersedia layanan umum seperti toilet dan tempat parkir umum.

Itulah lokasi wisata di Gianyar Bali yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama dengan teman, keluarga, serta orang terkasih lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tanah Lot Bali, Pura Indah dengan Sejuta Pesona