8 Makanan khas Bali Rekomendasi Terbaik Menurut Bukabukaan

Makanan khas Bali mana saja yang enak dan recommend? Pulau yang dikenal sebagai pulau dewata ini termasuk destinasi wisata wisatawan dari seluruh dunia. Karena itu tidak mengherankan jika Kamu dapat menemukan berbagai macam variasi makanan di sini. Makanannya juga khas berbeda dibandingkan dengan tempat wisata di kota lain. Berikut akan kami bagikan beberapa daftarnya, sehingga memudahkan Kamu dalam memilih makanan nanti ketika berwisata ke Bali.

Daftar 8 Makanan Khas Bali yang Dijamin Enak

Oke langsung saja ke rangkumannya yuk!

1. Lontong Jukut Serapah

Lontong Jukut Serapah

Makanan khas pulau dewata yang pertama kami rekomendasikan adalah Lontong Jukut Serapah. Mungkin Kamu baru pertama kali mendengar kuliner yang satu ini. Kuliner ini merupakan kuliner yang menjadi favorit masyarakat Bali, jangan sampai Kamu lewatkan ketika berlibur ke Bali. Dengan bahan utama lontong, tetapi berbeda apabila Kamu bandingkan dengan lontong pada umumnya, di mana bentuknya segitiga, serta mempunyai ukuran yang lebih besar. Beberapa ada yang berbentuk bulat lonjong juga.

Setelah dipotong-potong kemudian lontong disajikan dengan ragam sayuran rebus. Mulai nangka, bayam, daun singkong, pepaya, serta bunga pisang atau jantung pisang. Lalu disiram kuah kental. Juga dicampur telengis, kuah lontongnya, yang dibuat dari hasil sampingan minyak kelapa dicampur santan kelapa rebus.

Kamu bisa mencoba di: Warung Lontong Serapah Bu Komang
Alamat: Jalan Gajah Mada, Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

2. Rujak kuah pindang khas Bali

Rujak kuah pindang khas Bali

Makanan khas Bali yang kedua yakni rujak kuah pindang. Sekilas hampir sama dengan rujak yang biasa dijual. Rujak ini dibuat menggunakan kombinasi berbagai macam buah-buahan dengan rasa manis dan asam. Buah yang digunakan antara lain pepaya, bengkuang, kedondong, belimbing, mentimun, dan beberapa buah lainnya. Buah-buah tersebut akan dipotong kecil-kecil.

Ditambah kuah untuk cocolan. Kuahnya campuran dari bumbu rujak biasa dengan kuah kaldu yang dibuat menggunakan terasi, ikan, cabai, dan garam. Kuliner Bali kedua ini sangat cocok disantap oleh ibu hamil.

Kamu bisa mencoba di: Rujak Kuah Pindang VIP
Alamat: Jalan Raya Kuta 109 B, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

3. Bagiak

Bagiak khas Bali

Yang ketiga tentu saja bagiak. Makanan ini dibuat memakai tepung sagu. Banyak yang membeli bagiak untuk dibawa sebagai oleh-oleh, karena memang rasanya enak, manis, serta mempunyai tekstur renyah. Memang bagiak akan terasa keras ketika pertama dipegang, tetapi ketika makanan ini masuk dalam mulut, terasa kres-kres kriuk gurih, lama-lama pecah dan jadi lembek. Mudah kok untuk disantap. Alternatif pilihan rasanya ada kacang, susu, kayu manis, hingga rasa jahe. Biasa disantap bersama kopi hangat sambil melihat keindahan pantai di Bali.

Kamu bisa mencoba di: Krisna oleh-oleh Bali Sunset Road
Alamat: Jalan Sunset Road nomor 88, Kuta, Kab. Badung, Bali

4. Nasi Jinggo khas Bali

Nasi Jinggo khas Bali

Yang keempat yang jangan sampai dilewatkan untuk disantap ketika ke Bali adalah nasi Jinggo. Ini termasuk dalam kuliner favorit tidak hanya wisatawan dari berbagai daerah tetapi juga masyarakat lokal. Harga nasi jinggo sangat murah, walaupun murah tetapi rasa boleh diadu! Dijamin menggoyang lidah. Tapi agak pedas memang sambalnya.

Yang unik dari nasi jinggo adalah cara penyajiannya. Di mana penyajiannya menggunakan daun pisang. Tapi memang karena rasanya yang cukup pedas, nasi jinggo tidak disarankan untuk Kamu yang kurang suka makanan pedas atau ada penyakit maag. Kembali membahas tentang nasi jinggo, kuliner yang satu ini menggunakan perpaduan mie goreng, ayam suwir, serta tempe goreng. Untuk harganya mulai 300 Rupiah saja, murah sekali bukan? Memang harganya murah tetapi porsinya kecil. Jadi kemungkinan Kamu harus tambah hingga beberapa kali baru kenyang. Banyak yang berjualan nasi jinggo di pinggiran jalan di kawasan pulau Bali.

Kamu bisa mencoba di: Warung Padma
Alamat: Jalan Padma 17, Kawasan Legian, Kuta, Kab. Badung, Bali

5. Ayam Betutu

Ayam Betutu khas Gilimanuk

Rata-rata sudah banyak yang mendengar tentang ayam betutu. Ya memang kuliner yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Untuk Kamu pecinta masakan pedas, maka siap-siaplah berkeringat ketika menyantap ayam betutu, yang selain pedas, tetapi rasanya kaya rempah-rempah, memang benar-benar makanan yang buat ketagihan! Yang unik dari ayam betutu yakni bumbunya akan dimasukkan dalam perut ayam. Oia ayam yang digunakan juga ayam kampung jadi rasanya otentik. Setelah dibumbui, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dipanggang memakai bara api sekam selama 24 jam. Hasil finalnya sudah tidak perlu ditanya lagi, gurih, pedas, dan lembut, enak sekali! Jangan lupa menyantap ayam betutu ketika mampir ke Bali.

Kamu bisa mencoba di: Ayam Betutu khas Gilimanuk
Alamat: Jalan Raya Tuban 2X, Tuban, Kuta, Kab. Badung, Bali

6. Sate lilit Bali

Sate Lilit Bali

Yang keenam selain ayam betutu adalah sate lilit Bali. Kuliner keenam ini juga jangan sampai Kamu lewatkan, atau Kamu akan menyesal seumur hidup. Sesuai namanya sate lilit dibuat dengan metode dililit. Awalnya daging dicincang halus, diramu pakai bumbu Bali, lalu dililitkan pada tangkai bambu atau batang daun serai. Untuk rasa dijamin gurih dan empuk. Apalagi sate lilit yang memakai batang daun serai, bau wangi sedap akan tercium, benar-benar menggugah selera. Daging yang digunakan ada beberapa pilihan, antara lain daging babi, ayam, dan ikan tenggiri. Yang menjadi favorit adalah sate lilit dengan daging ikan tenggiri.

Kamu bisa mencoba di: Warung sate lilit Pak Komang
Alamat: Jalan Raya Sukawati 75X, Kecamatan Sukawati, Kab. Gianyar, Bali

7. Tipat Blayag

Tipat Blayag khas Tejakula

Tidak lupa, yang ketujuh ini juga makanan khas Bali yang jarang disebut, yakni Tipat Blayag. Makanan ini adalah kuliner khas Buleleng. Bentuknya lebih seperti lontong dililit memanjang, menggunakan daun enau atau janur muda. Berbeda dengan Tipat Cantok, yang juga sama-sama kuliner khas Bali, Tipat Cantok memakai bumbu kacang, tetapi Blayag menggunakan bumbu dari olahan bumbu Bali dan tepung beras. Tekstur bumbunya juga sangat kental seperti santan. Tipat Blayag benar-benar nikmat dimakan dengan sayur urab, gorengan ceker ayam, ayam sisit, kacang kedelai, dan kerupuk kulit ayam.

Kamu bisa mencoba di: Warung Tipat Blayag khas Tejakula
Alamat: Jalan Tukad Musi 8, Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

8. Nasi ayam Kedewatan Bali

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Yang terakhir ini adalah kuliner khas dari Ubud, Bali. Hampir sama seperti nasi campur yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Bedanya pada lauk pauk yang disajikan, yakni kacang goreng, daging ayam, sate, jeroan, kacang panjang, dan telur rebus. Ditambah sambal matah dengan irisan cabai kecil dan garam serta bawang.

Kamu bisa mencoba di: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Alamat: Jalan Raya Kedewatan, Ubud, Gianyar, Bali

Penutup

Jika Kamu ingin melakukan perjalanan atau backpacker ke Bali. Artikel diatas wajib masuk kedalam catatan perencanaan perjalananmu juga loh. Karena rekomendasi tempat makanan diatas akan sangat cocok untuk menghemat pengeluaran. Sekian artikel tentang 8 makanan khas Bali rekomendasi terbaik, semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengenal Rafting Bali Wisata Yang Memicu Adrenalin